Blogger Jateng

Panduan Lengkap Membedakan Ikan Channa Blue Rim dan Red Fin

Membedakan ikan channa blue rim dan red fin terkadang bisa membingungkan banyak orang. Kedua jenis ikan hias air tawar ini memiliki beberapa kemiripan fisik sehingga sulit dibedakan dengan cermat.

Akibatnya, banyak pecinta ikan yang salah memilih dan keliru merawat jenis ikan channa karena tidak bisa membedakan dengan benar mana yang blue rim dan mana yang red fin. Hal ini tentu kurang tepat karena masing-masing sebenarnya memiliki perbedaan karakteristik.

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai panduan cara membedakan ikan channa blue rim dan red fin mulai dari warna tubuh, bentuk sirip, ukuran, sifat, hingga habitat aslinya. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membedakan keduanya.

Perbedaan Warna Badan dan Corak

Perbedaan paling mudah dilihat antara ikan channa blue rim dan red fin adalah warna badan dan coraknya. Ikan channa blue rim memiliki warna dasar badan kebiruan metalik dengan corak garis-garis vertikal berwarna gelap melintang di badannya.

Sementara itu, ikan channa red fin berwarna abu-abu keperakan dengan corak bintik-bintik gelap acak yang menyebar di badannya, bukan bergaris vertikal. Corak wajah ikan channa blue rim juga berupa garis-garis biru tegas, berbeda dengan corak bintik pada wajah ikan red fin.

Perbedaan Warna dan Bentuk Sirip

Sirip ekor dan sirip lainnya pada ikan channa blue rim berwarna merah mencolok dan kontras dengan warna badannya. Sedangkan warna sirip ikan channa red fin cenderung orange kemerahan dengan intensitas lebih redup.

Bentuk sirip dorsal (punggung) kedua ikan ini juga berbeda. Ikan channa blue rim memiliki sirip dorsal runcing memanjang ke atas dengan ujung meruncing. Ikan channa red fin memiliki sirip dorsal pendek dengan bentuk tumpul.

Perbedaan Ukuran Maksimal

Ikan channa blue rim memiliki ukuran tubuh maksimal yang lebih besar dibanding ikan channa red fin. Saat dewasa, ikan channa blue rim bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 30-40 cm.

Sementara ikan channa red fin hanya bisa tumbuh maksimal hingga 15-25 cm saja meskipun sudah dewasa. Jadi ikan channa blue rim berukuran lebih besar dan panjang dibandingkan red fin.

Perbedaan Temperamen dan Tingkah Laku

Kedua spesies ikan channa ini juga memiliki temperamen dan tingkah laku yang berbeda di akuarium. Ikan channa blue rim cenderung lebih galak dan agresif, sementara ikan channa red fin lebih tenang meskipun tetap bersifat territorial.

Ikan channa blue rim juga lebih aktif berenang dan berkeliling di akuarium. Sedangkan ikan channa red fin lebih banyak diam menunggu mangsa dan sesekali berkeliling.

Perbedaan Habitat Asli

Ikan channa blue rim berasal dari Thailand bagian selatan, Malaysia, Singapura, dan sebagian Indonesia. Sementara ikan channa red fin berasal dari bagian utara dan timur laut Thailand.

Kedua spesies ini hidup di perairan rawa, sungai, danau, atau gambut dengan substrat berlumpur dan vegetasi yang lebat di habitat aslinya.

Itulah ulasan lengkap mengenai perbedaan di antara ikan channa blue rim dan red fin mulai dari warna, bentuk tubuh, sirip, ukuran, perilaku, hingga habitat asli. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.